Mahasiswa Teknik Kimia Unpatti Berprestasi di Program Kreativitas Mahasiswa

Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia Universitas Pattimura (UNPATTI) kembali menunjukkan prestasi gemilang dengan berpartisipasi dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Sejumlah proposal inovatif telah diajukan, bersaing dengan karya mahasiswa dari berbagai universitas di seluruh Indonesia.

Pada tanggal 20 April telah diumumkan hasil seleksi yang membanggakan kami. Tiga kelompok dari Program Studi Teknik Kimia UNPATTI berhasil lolos dan mendapatkan pendanaan. Dari totalĀ  judul yang diajukan oleh mahasiswa UNPATTI, terdapat 11 judul yang berhasil lolos. lima diantaranya berasal dari Program Studi Kimia, dua dari Program Studi Biologi, satu dari Program Studi Pendidikan Kimia, dan tiga dari Program Studi tercinta kami program studi Teknik Kimia.

Berikut adalah judul-judul yang berhasil lolos dari Program Studi Teknik Kimia:

  1. Penerapan Electrospinning untuk Produksi Nanofiber Berbahan Dasar Ekstrak Daun Papaya sebagai Pembalut Luka. Tim ini terdiri dari Brahma Jesayas Bua (Ketua), Melvia Natalia Aponno (Anggota 1), dan Marissa Glorianti Soplanit (Anggota 2).
  2. Analisis Inhibitor Silicon Dioxide Berbahan Dasar Pasir sebagai Material Anti Korosi dalam Medium Salinitas Tinggi. Tim ini terdiri dari Raihana Anindya Tella (Ketua), Dini Shafifah Tuasikal (Anggota 1), dan Yusuf Najmudin Keliwouw (Anggota 2).
  3. Pemanfaatan Senyawa Besi Oksida dari Hasil Ekstraksi Batuan Vulkanik Pulau Ambon untuk Aplikasi Enhance Oil Recovery. Tim ini terdiri dari Selvines Salatutin (Ketua), Jonathan Martin Simon Joseph (Anggota 1), dan Sheila Imanuella Thenu (Anggota 2).

Setiap kelompok didampingi oleh dosen pembimbing yang berdedikasi, yaitu Ibu Ervina Rumpakwakra, S.Si., MT, Bapak Stevi Silahooy, S.Pd., M.Si, dan Bapak Gede Wiratma Jaya, S.Pd., M.Si. Saat ini, para mahasiswa bersama dosen pembimbing sedang bekerja keras menyelesaikan proyek PKM mereka.

Kami berharap dari ketiga kelompok ini, ada yang berhasil melangkah ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang akan diselenggarakan di Universitas Airlangga, Surabaya pada bulan Oktober mendatang. Semoga mereka dapat mengharumkan nama UNPATTI di kancah nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *